Assalamualaikum. Selamat Datang. Blog Ini Dibuat Untuk Berbagi Pengalaman di Bidang Matematika, Biologi dan Kepenulisan

Senin, 05 September 2016

Perkalian si Positif dengan si Negatif

Hai matholvers, mari sejenak kita beranjak dari konsep lama ke konsep yang baru. Sebenarnya ini bukan konsep baru sih lebih tepatnya lagi pengembangan aja berhubung si penulis paling ogah buat nginget-nginget pola yang banyak, apalagi pola dalam operasi bilangan perkalian.

Oke, langsung saja disini saya ingin sedikit merubah pola pikir mengenai operasi bilangan positif dengan bilangan negatif atau sebaliknya.

Setahu saya hampir semua guru mengajarkan hal berikut.

"Jika bilangan positif dikali dengan bilangan negatif atau sebaliknya maka hasilnya akan negatif"

Tidak salah memang tapi pola seperti itu hanya terpaku pada perkalian dua bilangan saja (satu bilangan positif dan satu bilangan negatif). Di SMP atau SMA sering ditemukan perkalian antara 3 bahkan lebih bilangan yang didalamnya terdapat bilangan positif dan bilangan negatif.

Contoh :

(-3) x 2 x (-4) = ....

bagi beberapa anak mungkin saja akan menjawab hasilnya 24, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada anak yang menjawab (-24), karena mereka berpatokan bahwa jika ada bilangan positif dan negatif yang dikalikan maka hasilnya negatif. Miskonsepsi ini bisa mempengaruhi proses pembelajaran anak untuk bab di tingkat yang lebih sulit lagi (seperti aljabar).

Baiklah, disini saya akan memberikan solusi untuk menghindari miskonsepsi buat kalian sebagai pelajar atau guru/tutor yang akan mengajari anak didiknya.

Biar kerenan dikit saya kasih judul  "Pasal Perkalian Mr.Math" bunyinya :

Pasal 1 : Perkalian si Positif dengan si Negatif akan menghasilkan angka bertanda negatif jika jumlah bilangan negatifnya sebanyak bilangan yang termasuk kedalam bilangan ganjil (ada 1, ada 3, ada 5, dst)

Pasal 2 : Perkalian si Positif dengan si Negatif akan menghasilkan angka bertanda positif jika jumlah bilangan negatifnya sebanyak bilangan yang termasuk kedalam bilangan genap (ada 2, ada 4, ada 6, dst)

Maka, saat anak menghadapi soal berikut.

(-3) x 2 x (-4) = ....

Mereka akan menjawab "hasilnya positif dua puluh empat karena ada di dalam soal ada 2 buah bilangan negatif"

Demikian penjelasan soal Perkalian si Positif dengan si Negatif , awalnya mungkin belum terbiasa, tapi lakukanlah berulang-ulang mengerjakan soal perkalian yang sejenis seperti contoh maka lambat laun insting matematika kamu akan lebih peka terhadap penandaan hasil perkalian untuk konsep Perkalian si Positif dengan si Negatif.

Semoga tulisan ini bermanfaat, bagi yang memiliki saran atau komentar atau pun kritikan yang membangun silahkan ditulis lewat kolom komentar.

Happy Matholever !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar